libforda | Pengembangan Persamaan Alometrik

Detail Berita

Pengembangan Persamaan Alometrik

Dalam kajian-kajian penaksiran biomassa hutan, pemilihan atau pengembangan persamaan-persamaan alometrik biomassa yang dapat diandalkan merupakan langkah penting yang sangat menentukan ketepatan dari dugaan biomassa yang dihasilkan. Sayangnya, hanya sedikit kajian-kajian tentang persamaan alometrik biomassa yang dilakukan di hutan rawa gambut dan hasil-hasilnya biasanya tidak dapat diakses secara umum atau terdokumentasi dengan baik.

Pada kajian yang dilakukan oleh Nunung Puji Nugroho, seorang peneliti dari BPK Solo Kementerian LHK ini bertujuan untuk mengembangkan persamaan-persamaan alometrik spesifik tapak untuk pendugaan biomassa atas permukaan di hutan rawa gambut di Indonesia. Persamaan persamaan tersebut dikembangkan berdasarkan 51 pohon contoh yang ditebang.

Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa persamaan-persamaan alometrik yang dikembangkan mempunyai koefisien determinasi lebih dari 95% dengan rentang nilai mulai dari 97,0% sampai dengan 98,7%. Ingin tahu lebih lanjut? Silahkan pembaca untuk mengakses Indonesian Journal of Forestry Research Vol. 1, No. 1, April 2014, 47-65 atau klik http://dx.doi.org/10.20886/ijfr.2014.1.1.47-65