libforda | Dipterocarpaceae ditengah gempuran Perubahan Iklim

Detail Berita

Dipterocarpaceae ditengah gempuran Perubahan Iklim

Dipterocarpaceae memiliki nilai tinggi untuk hasil hutan kayu dan non-kayu nya, namun seiring dengan perubahan iklim dimana suhu, curah hujan, dan cuaca ekstrim telah diindikasikan mempengaruhi pola fenologi dan produktivitas hutan dan dikhawatirkan dapat berimplikasi terhadap fenologi Dipterocarpaceae.

 

Terkait hal tersebut,  sekelompok tim peneliti terdiri dari Nurul L. Winarni, Dewi R. Kurniasari, Diny Hartiningtias, Meyner Nusalawo, dan Niken Sakuntaladewi telah melakukan penelitian terkait pola penologi Dipterocarpaceae di Stasiun Penelitian Way Canguk Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS), Lampung selama Mei-November 2012. Dalam penelitiannya, tim  menemukan bahwa pola fenologi Dipterocarpaceae di daerah ini digambarkan berupa pola mayor dan minor tanpa waktu berbunga massal, yang berbeda dari laporan sebelumnya untuk Kalimantan atau Sumatera Utara.

 

Catatan akhir dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa fenologi dan perubahan iklim mungkin memiliki implikasi dalam merancang strategi pengumpulan bahan benih untuk mendukung program konservasi dan hutan tanaman Dipterocarpaceae.

 

Untuk mengetahui lebih lanjut hasil penelitian tersebut, pembaca dapat mengaksesnya melalui Indonesian Journal of Forestry Research Vol. 3, No. 2, October 2016 hal. 129-141. DOI: https://doi.org/10.20886/ijfr.2016.3.2.129-141