SEJARAH SINGKAT TENTANG PERPUSTAKAAN R.I ARDI KOESOEMA

Perpustakaan R.I. Ardi Koesoema merupakan hasil relokasi, renovasi dan revitalisasi perpustakaan yang telah ada di Badan Litbang Kehutanan, yaitu Perpustakaan pusat Litbang Hutan dan Konservasi Alam, Perpustakaan Pusat Litbang Teknologi Hasil Hutan dan Perpustakaan Pusat Litbang Sosial Budaya dan Ekonomi Kehutanan. Hal ini dilakukan sejalan dengan kemajuan teknologi dan tuntutan penelitian dan pengembangan kehutanan dalam rangka menjawab tantangan dan permasalahan kehutanan yang semakin kompleks saat ini dan kedepan.

Sejalan dengan kebijakan Departemen Kehutanan, maka Badan Litbang Kehutanan juga telah menyusun Rencana Strategis Penelitian dan Pengembangan Terpadu 2004 – 2009 dan untuk pertama kali para peneliti dan unsur pendukungnya melaksanakan penelitian secara terintegrasi dan terkoordinasi terkait langsung dengan kebijakan dan program-program Departemen Kehutanan.

Untuk menunjang kegiatan litbang terpadu, dipandang perlu merevitalisasi dan merelokasi perpustakaan Badan Litbang yang pada saatnya akan dikembangkan menjadi pusat informasi penelitian dan pengembangan kehutanan serta terkait dalam jaringan kerjasama secara nasional dan internasional pada pusat-pusat perpustakaan/ informasi sejenis.

Selayaknya untuk menghargai dan memotivasi para peneliti, maka nama perpustakaan Badan Litbang Kehutanan diambil dari salah satu nama peneliti yang berjasa dalam pembangunan hutan penelitian dan konservasi eksitu jenis-jenis Dipterocarpaceae yaitu Almarhum Bapak R.I. Ardi Koesoema. Penetapan nama R.I. Ardi Koesoema sebagai nama Perpustakaan Badan Litbang Kehutanan dituangkan dalam Keputusan Menteri Kehutanan Nomor: SK.310/Menhut-II/2004 tanggal 20 Agustus 2004.
Share : facebook.png

GALERI FOTO

BERITA TERKINI

Video

Sosial Media