Halaman Profil

Perpustakaan R.I. Ardikoesoema Litbang Kehutanan


Jl.Gunungbatu No.5, Bogor, Jawa Barat 16118.

    Email
    library@yahoo.com
    Telp. / Fax.
    0251-7521671 / 0251-7521671
Hubungi Kami

Tak kenal maka tak sayang. Dengan semangat itulah kami ingin mengenalkan siapa kami kepada anda.

Perpustakaan R.I. Ardikoesoema Litbang Kehutanan

Visi :

Perpustakaan R.I. Ardi Koesoema Badan Litbang Kehutanan menjadi lembaga terkemuka dalam penyediaan jasa informasi dan diseminasi hasil-hasil litbang.

 

Misi :

Mendukung peningkatan penelitian di Badan Litbang Kehutanan dan juga masyarakat, serta meningkatkan motivasi belajar pada peneliti.

Meningkatkan peran dan manfaat perpustakaan dalam pengembangan penguasaan IPTEK Kehutanan.

Meningkatkan pemanfaatan informasi dan teknologi hasil litbang sebagai bahan kebijakan pembangunan kehutanan.

SASARAN PERPUSTAKAAN R.I. Ardi Koesoema Badan Litbang Kehutanan

Guna mengimplementasikan setiap misi yang telah terurai diatas Perpustakaan memiliki tujuan-tujuan sebagai berikut:

Penggunaan teknologi informasi dalam berbagai layanan yang ditawarkan sehingga pemakai dapat mengakses beragam informasi dari berbagai sumber.

Memberikan pendidikan kepada setiap pemakai untuk dapat memanfaatkan setiap koleksi dan informasi yang diberikan perpustakaan sehingga pemakai dapat terpuaskan kebutuhan informasi yang diinginkan.

Mempromosikan setiap terbitan terbaru kepada setiap pengguna perpustakaan.

Memberdayakan karya ilmiah dari komunitas peneliti seperti laporan penelitian dan tugas akhir (thesis, desertasi, proceeding dan sebagainya).

Berpartisipasi dalam jaringan kerjasama secara intensif dengan pusat-pusat informasi lainnya baik berskala regional, nasional maupun internasional yang memiliki program yang sama dengan Perpustakaan R.I. Ardi Koesoema Badan Litbang Kehutanan.



FUNGSI PERPUSTAKAAN R.I. Ardi Koesoema Badan Litbang Kehutanan

Fungsi Perpustakaan R.I. Ardi Koesoema Badan Litbang Kehutanan secara umum dapat disimpulkan sebagai:

Pusat layanan dan sumber informasi untuk program pendidikan dan pengajaran;

Pusat layanan informasi dan sumber informasi untuk program penelitian;

Pusat layanan informasi dan sumber informasi untuk program pengabdian pada masyarakat;
PERATURAN PEPUSTAKAAN

Jenis koleksi yang dapat dipinjam oleh pengguna adalah buku teks, laporan penelitian, majalah/periodical/Buletin sedangkan untuk koleksi referens tidak dipinjamkan melainkan untuk dibaca ditempat atau difotocopy.

Para peneliti dan karyawan lingkup Badan Litbang Kehutanan dapat meminjam sampai 3 buku selama 5 hari untuk satu kali peminjaman dan sebelum mengembalikan buku pinjamannya tidak diperkenankan meminjam lagi.

Bagi pengguna luar tidak diperkenankan meminjam koleksi, hanya dibaca ditempat atau difotocopy.

Bagi peminjam yang terlambat mengembalikan buku, dikenakan denda Rp. 1.000,- per buku per hari.

Peminjam yang menghilangkan atau merusak buku, harap mengganti dengan buku yang sama atau mengganti dengan uang senilai harga buku tersebut.


TATA TERTIB PENGUNJUNG PERPUSTAKAAN

Setiap pengunjung perpustakaan wajib mentaati peraturan & tata tertib yang berlaku, sebagai berikut:

- mengisi daftar buku tamu yang telah disediakan,

- bersikap dan berpakaian sopan,

- menjaga ketertiban, kebersihan dan keamanan dilingkungan perpustakaan,

- pengunjung perpustakaan dilarang:

. membawa masuk tas, map, jaket atau yang sejenisnya kedalam ruang koleksi,

. membawa makanan atau minuman serta rokok kedalam ruang koleksi,

. memakai sandal, jaket atau topi kedalam ruang koleksi.

- penitipan tas,

. pengunjung perpustakaan yang akan memasuki ruang layanan sirkulasi dan layanan baca,dimohon menitipkan tas atau yang sejenisnya ke loker atau kepada petugas.

- uang dan barang-barang berharga harap dibawa.
Layanan Sirkulasi

Semua pegawai lingkup Badan Litbang Kehutanan dapat memperoleh layanan peminjaman dan pengembalian buku di perpustakaan sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Layanan Referensi

Jasa layanan referensi ini memberikan rujukan informasi yang beragam serta mendalam dari bahan pustaka yang ada di perpustakaan.

Bimbingan Penggunaan Perpustakaan

Melalui jasa ini dapat diperoleh bimbingan/petunjuk agar mampu memanfaatkan perpustakaan dan bahan pustaka dengan cepat, tepat dan maksimal.

Layanan Fasilitas

Bagi pengguna dari luar Badan Litbang Kehutanan dapat masuk dan memanfaatkan layanan baca di tempat dengan memenuhi persyaratan-persyaratan yang telah di tetapkan.

Jasa Layanan Fotocopy

Pengguna perpustakaan dapat memanfaatkan jasa layanan fotocopy setiap jam kerja.

Layanan Penelusuran

Anda dapat memperoleh sumber-sumber informasi tentang pokok bahasan yang anda perlukan melalui penelusuran bahan pustaka baik yang berasal dari dalam dan luar Badan Litbang Kehutanan

Layanan Penelusuran Artikel

Layanan yang membantu pengguna untuk memperoleh artikel (abstract atau full text) dengan topik tertentu dari berbagai sumber.

Penelusuran Melalui CD-ROM

Dalam memenuhi kebutuhan informasi yang cepat dan akurat, Perpustakaan menyediakan koleksi berupa CD-ROM.

Layanan Internet

Dengan adanya layanan internet, terbuka kesempatan bagi pengguna perpustakaan untuk mencari informasi yang berasal dari database-database yang berada di dalam dan luar negeri. Layanan terbuka untuk pengguna perpustakaan.
SEJARAH SINGKAT TENTANG PERPUSTAKAAN R.I ARDI KOESOEMA

Perpustakaan R.I. Ardi Koesoema merupakan hasil relokasi, renovasi dan revitalisasi perpustakaan yang telah ada di Badan Litbang Kehutanan, yaitu Perpustakaan pusat Litbang Hutan dan Konservasi Alam, Perpustakaan Pusat Litbang Teknologi Hasil Hutan dan Perpustakaan Pusat Litbang Sosial Budaya dan Ekonomi Kehutanan. Hal ini dilakukan sejalan dengan kemajuan teknologi dan tuntutan penelitian dan pengembangan kehutanan dalam rangka menjawab tantangan dan permasalahan kehutanan yang semakin kompleks saat ini dan kedepan.

Sejalan dengan kebijakan Departemen Kehutanan, maka Badan Litbang Kehutanan juga telah menyusun Rencana Strategis Penelitian dan Pengembangan Terpadu 2004 – 2009 dan untuk pertama kali para peneliti dan unsur pendukungnya melaksanakan penelitian secara terintegrasi dan terkoordinasi terkait langsung dengan kebijakan dan program-program Departemen Kehutanan.

Untuk menunjang kegiatan litbang terpadu, dipandang perlu merevitalisasi dan merelokasi perpustakaan Badan Litbang yang pada saatnya akan dikembangkan menjadi pusat informasi penelitian dan pengembangan kehutanan serta terkait dalam jaringan kerjasama secara nasional dan internasional pada pusat-pusat perpustakaan/ informasi sejenis.

Selayaknya untuk menghargai dan memotivasi para peneliti, maka nama perpustakaan Badan Litbang Kehutanan diambil dari salah satu nama peneliti yang berjasa dalam pembangunan hutan penelitian dan konservasi eksitu jenis-jenis Dipterocarpaceae yaitu Almarhum Bapak R.I. Ardi Koesoema. Penetapan nama R.I. Ardi Koesoema sebagai nama Perpustakaan Badan Litbang Kehutanan dituangkan dalam Keputusan Menteri Kehutanan Nomor: SK.310/Menhut-II/2004 tanggal 20 Agustus 2004.