Panduan teknis pembibitan dari biji dan propagul jenis-jenis tumbuhan restorasi

Penulis: Desitarani ,Sulistyono ,Hideki Miyakawa , Hiroaki Okabe dan Hiroyuki Saito
Penerbit: Jakarta: Ministry of Forestry-JICA, 2014.
No. ISBN: 978-602-14476-8-0
Fisik Buku: xix , 193 hal : 21 cm.

Kegiatan restorasi ekosistem di kawasan konservasi yang terdegradasi sangat erat kaitannya dengan jenis tumbuhan. Pemilihan jenis yang tepat dan pengadaan bibit dengan kualitas perakaran yang baik akan mempengaruhi keberhasilan kegiatan restorasi di masa yang akan datang. Kegiatan pembibitan dari biji ataupun propagul dari jenis-jenis asli yang diambil dari pohon induk yang berada di sekitar kawasan lima taman nasional ujicoba restorasi.

Buku panduan ini membantu pelaksana teknis di lapangan dalam kegiatan penyediaan bibit sebelum penanaman antara lain lamanya waktu yang dibutuhkan untuk pembibitan dari masing-masing jenis agar siap ditanam di areal penanaman, jumlah biji yang harus disiapkan untuk masing-masing jenis ataupun langkah-langkah untuk mempercepat  perkecambahan dari masing-masing jenis biji. 

 

Buku ini memberikan informasi ciri buah atau propagul yang sudah matang, cara pembersihan biji, perlakuan sebelum penaburan, jumlah biji per kg dan informasi lain yang dilengkapi dengan foto-foto mulai dari perkecambahan sampai foto bibit yang siap tanam di lapangan.


Posted By Administrator Senin,27 April 2015 - 10:17:18 WIB Dibaca 2 Kali

GALERI FOTO

BERITA TERKINI