libforda | Mengenal Habitat dan Keanekaragaman Burung Teluk Kupang

Detail Berita

Mengenal Habitat dan Keanekaragaman Burung Teluk Kupang

Bogor (10/08/2020) - Wilayah Indonesia Bagian Tengah memiliki kekayaaan sumberdaya alam hayati. Namun baru beberapa spesies flora dan fauna yang teridentifikasi oleh para peneliti. Tak banyak yang tahu bahwa Teluk Kupang, yang terletak di Pulau Timor Barat propinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi habitat bagi beberapa species burung migran. Hal tersebut disebabkan oleh minimnya litelatur yang membahas tentang keragaman burung di Nusa Tenggara Timur. Berdasarkan hal tersebut, Perpustakaan R.I Ardi Koesoema menyelenggarakan serial bedah buku daring yang mengangkat topik habitat dan keragaman burung di Teluk Kupang. Acara tersebut bertujuan untuk menyebarluaskan IPTEK Kehutanan dibidang konservasi sumberdaya alam sekaligus merupakan bentuk adaptasi layanan diseminasi informasi ilmiah di perpustakaan Badan Litbang dan Inovasi (BLI). selama masa pandemi Covid-19. Selain itu , acara ini juga dikemas guna memeriahkan HUT RI ke-75 tahun. Serial pembuka bedah buku daring tersebut dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 5 Agustus 2020 dan berlangsung mulai pukul 09.00 s.d 11.00 WIB. Tercatat sebanyak 124 peserta mengikuti acara tersebut melalui Zoom dan sebanyak 132 peserta mengikuti melalui Youtube. Para peserta tersebut berasal dari berbagai latar belakang profesi dan pendidikan.

"Arti penting bedah buku ini adalah:

  • Memberikan pemahaman yang lebih luas kepada pembaca mengenai kondisi biofisik teluk Kupang dan keanekaragaman species avifaunanya;
  • Konservasi memberikan kesempatan kepada ekosistem yang ada di Teluk Kupang untuk hidup bersama"
Mengawali pemaparannya, Oki Hidayat, S.Hut, M.Bio Sc mengulas sejarah dan kondisi biofisik di Teluk Kupang. Wilayah perairan laut seluas 50,000 hektar tersebut ditetapkan sebagai Taman Wisata Laut Teluk Kupang melalui Keputusan Menteri Kehutanan Nomor 18/Kpts-II/1993. Profil Ekosistem Teluk Kupang terdiri atas Mudflat, Coastal Marshes, Mangrove, Beaches, Coral Reefs, Seagrass Beds, Estuaries, Rivers, Rice Fields, Aqua Culture Ponds Dan Salt Ponds. Ekosistem tersebut memiliki nilai penting dalam hal penyediaan makanan bagi beragam fauna migran, khususnya burung, yang melintasi wilayah tersebut.

Selanjutnya, peneliti pada Balai Litbang Lingkungan Hidup dan Kehutanan Kupang dengan kepakaran Konservasi hayati dan ornitologi tersebut menambahkan bahwa terdapat sebanyak 71 jenis burung air dan 57 jenis burung teresterial pada wilayah Teluk Kupang. Pada kesempatan terpisah, narasumber yang merupakan alumni S1 Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekosistem, Fakultas Kehutanan, Institut Pertanian Bogor menandaskan bahwa semua jenis burung teresterial, seperti: Gelatik Timor dan Cikukua Timor, merupakan jenis endemik burung di Teluk Kupang. ‘”Dari beberapa catatan yang ada, Teluk Kupang merupakan kawasan perairan dengan keanekaragaman burung paling tinggi dari semua lokasi di NTT. Keunikan wilayah tersebut adalah adanya hamparan lumpur (mudflat) yang luas dan dapat dikatakan sebagai ekosistem mudflat terluas di NTT” lanjut alumni S2 Ilmu Biologi, Universitas Western Australia.

Di akhir acara, Prof. Dr. Ir. Ani  Mardiastuti yang menjadi pembahas pada bedah buku tersebut mengapresiasi penelitian terkait habitat dan keragaman burung di Indonesia Timur, khususnya Teluk Kupang. Dosen Departemen Konservasi Sumberdaya Hutan dan Ekowisata Fakultas Kehutanan IPB dan sekaligus pakar ekologi satwa liar burung tersebut mengulas ringkas tentang kondisi biofisik wilayah Indonesia Timur yang memiliki kemiripan dengan Benua Australia yang berpengaruh terhadap jenis flora dan faunanya. Pada acara tersebut diselingi oleh quiz dan terdapat tiga peserta atas nama Abdul Hakim, Sylvia Laatung, Heru Khatisyarso yang beruntung memperoleh doorprize dari panitia (RAH).

Materi bedah buku dapat diperoleh melalui link berikut

Link presentasi Habitat dan Keanekaragaman Burung Di Teluk Kupang (shorturl.at/puVY1)

Link pembahasan materi presentasi dari Prof. Dr. Ir. Ani Mardiastuti (shorturl.at/cmtFP )