libforda | Menggali Potensi Diri Melalui Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Perpustakaan

Detail Berita

Menggali Potensi Diri Melalui Praktek Kerja Lapangan (PKL) di Perpustakaan

Bogor (28/07/2020) - Minimnya pengalaman profesional menjadi salah satu kendala bagi alumni pendidikan tinggi pada saat memasuki dunia kerja. Guna menyiapkan lulusan yang siap kerja maka perguruan tinggi menawarkan praktek kerja lapangan (PKL) bagi peserta didiknya melalui kerjasama dengan berbagai instansi baik pemerintah maupun swasta. Badan Litbang dan Inovasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutananan (BLI KLHK) merupakan salah satu lembaga pemerintahan yang membuka diri bagi mahasiswa untuk melaksanakan program PKL. Saat ini, sejumlah mahasiswa/i fakultas Sains Komunikasi dari Universitas Djuanda (Unida), Bogor sedang menjalani PKL di Bagian Evaluasi, Diseminasi dan Perpustakaan (EDP). Kegiatan tersebut bertujuan menambah pengetahuan dan ketrampilan para mahasiswa dibidang publikasi, diseminasi dan promosi hasil IPTEK Kehutanan.

Putri Rahmawati, mahasiswa tingkat IV jurusan Ilmu Komunikasi fakultas Sains Komunikasi Universitas Djuanda, merasakan langsung manfaat PKL dalam hal pengembangan potensi diri. Penghobi desain dan fotografi ini memulai PKL nya di Sub Bagian Diseminasi, Publikasi dan Perpustakaan, Sekretariat Badan Litbang dan Inovasi (BLI KLHK) sejak 20 Juli 2020 dan direncanakan berakhir pada 03 Agustus 2020. Setelah menjalani orientasi singkat, Putri mendapatkan tugas mendesain alat bantu promosi dalam format digital berupa poster dan logo slogan perpustakaan. Poster promosi tersebut memuat informasi seputar lokasi, koleksi, jenis layanan Perpustakaan RI Ardi Koesoema kepada masyarakat umum. ‘PKL di perpustakaan sangat menyenangkan dan disini saya bisa mengasah kemampuan mendesain dan mempelajari beragam aspek dari komunikasi’ tutur Putri disela-sela kesibukan PKL-nya.

Selama PKL, para staf perpustakaan RI Ardi Koesoema membimbing Putri menyusun narasi poster promosi perpustakaan yang persuasif. Ide kreatif pun berproses termasuk dalam hal penyusunan desain slogan perpustakaan berbunyi ‘FORDA Library PROGRESIF’. Kata Progresif merupakan akronim Profesional dan Responsif. Harapannya, Perpustakaan RI Ardi Koesoema, BLI KLHK mampu memberikan pelayanan secara professional dan responsif. Selain itu, Putri pun belajar tentang bagaimana merumuskan pesan promosi yang persuasif menentukan layout dan komposisi warna, mengoperasikan software desain grafis dan mempelajari dinamika bekerja dalam tim. Terpenting, Putri mulai menemukan potensi dirinya dalam bidang fotografi pada saat penyusunan desain poster promosi perpustakaan. Program Kerja Lapangan tidak sekedar wahana mengaplikasikan teori, namun kegiatan tersebut menjadi sarana mengasah ketrampilan sosial yang akan bermanfaat bagi para mahasiswa pada saat memasuki dunia kerja. (RAH)