libforda | Tingkatkan Kualitas Layanan, Perpustakaan RI Ardi Koesoema kerjasama Silang Layan dengan PUSTAKA

Detail Berita

Tingkatkan Kualitas Layanan, Perpustakaan RI Ardi Koesoema kerjasama Silang Layan dengan PUSTAKA

Untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan dan aksesibilitas ke sumber-sumber informasi maka Perpustakaan RI Ardi Koesoema, Sekretariat Badan Litbang dan Inovasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Set BLI KLHK) menjalin kerja sama dengan Pusat Perpustakaan dan Penyebarluasan Teknologi Pertanian (PUSTAKA), Kementerian Pertanian. Kerja sama tersebut merupakan salah satu strategi perpustakaan beradaptasi dengan perubahan zaman untuk mengantisipasi meningkatnya permintaan penelusuran informasi secara online dan pemanfaatan sumber informasi lintas keilmuan.

Perjanjian Kerja Sama (PKS) telah ditandatangani oleh Sekretaris Badan Penelitian, Pengembangan dan Inovasi dan Kepala PUSTAKA pada tanggal 3 Maret 2020 dan kedua lembaga ini sepakat melakukan kerja sama pemanfaatan jasa layanan dan pengembangan sumber daya perpustakaan dengan bidang andalan adalah kegiatan silang layan.

FUNGSI DAN MANFAAT

Silang layan merupakan salah satu bentuk fasilitasi pertukaran informasi antar perpustakaan. Keuntungannya yaitu: menambah aksesibilitas terhadap sumberdaya informasi tanpa perlu dibebani investasi untuk pengadaan koleksi. Perpustakaan R.I Ardi Koesoema merupakan perpustakaan khusus dibidang kehutanan yang memiliki koleksi sebanyak 37,459 judul dari beragam jenis koleksi, meliputi: buku referensi, textbook, koleksi antiquariat (bernilai historis), koleksi audio visual, peta dan terbitan berseri serta laporan IPTEK yang secara umum mencakup topik di bidang lingkungan hidup dan kehutanan. Adapun PUSTAKA merupakan perpustakaan khusus dibidang pertanian yang memiliki beragam sumber informasi terkait pertanian, peternakan dan perkebunan. Kedua perpustakaan memiliki kesamaan dalam hal kekhususan koleksi yang jika dikolaborasikan bersama akan memperkaya khazanah keilmuan bagi masyarakat secara umum dan khususnya bagi para akademisi dan peneliti.

 LAYANAN

Tentunya, kerjasama silang layan antara kedua perpustakaan khusus ini sayang untuk dilewatkan. Para pemustaka kedua instansi dapat memanfaatkan layanan tersebut dengan cara: menentukan topik informasi yang dibutuhkan beserta kata kuncinya. Selanjutnya, pemustaka di perpustakaan R.I Ardi Koesoema dapat menghubungi Kelompok Pustakawan Layanan Perpustakaan dengan mengirimkan email ke libforda@yahoo.com atau mengirimkan permintaan penelusuran informasi silang layan ke nomor: 085694428637. Pustakawan RI Ardi Koesoema akan memfasilitasi penelusuran informasi bagi anggota perpustakan yang membutuhkan informasi terkait topik lingkungan hidup, kehutanan dan pertanian. Kerjasama silang layan merupakan wujud komitmen Perpustakaan RI Ardi Koesoema dan PUSTAKA untuk meningkatkan kualitas layanan perpustakaan dan membuka akses informasi seluas-luasnya bagi pemustaka yang berminat di bidang topik pertanian dan kehutanan. (RH-LG-NC)