Perpustakaan "R.I. Ardi Koesoema" | Jenis-jenis Euphorbiaceae yang Berpotensi sebagai Antioksidan Alami

Detail Berita

Jenis-jenis Euphorbiaceae yang Berpotensi sebagai Antioksidan Alami

Bogor (BLI, 11/3/2019) - Euphorbiaceae dikenal sebagai salah satu genus tanaman hias yang memiliki ribuan spesies. Beberapa sumber menyebutkan bahwa genus Euphorbia menghasilkan getah susu, mampu hidup di iklim tropis kering sampai iklim sedang dan memiliki struktur bunga yang aneh serta dedaunan tampan. Keunikan tersebut menjadikan Euphorbiaceae populer sebagai tanaman hias.

Disamping sebagai tanaman hias, spesies tanaman Euphorbiaceae ternyata memiliki khasiat herba sebagai anti oksidan alami. Pada umumnya, kandungan senyawa antioksidan dalam tanaman diperoleh melalui ekstraksi pada kulit batang, daun dan akar. Sedangkan pemanfaatan antioksidan alami perlu mempertimbangkan aspek kemujaraban dan toksisitas (daya racunnya). Guna mengetahui kemujaraban dan toksisitas tanaman pada genus Euphorbia maka telah dilakukan studi aktivitas antioksidan dan  toksisitas ekstrak kulit tanaman yang berasal dari beberapa jenis tanaman Euphorbia.

Hasil studi menunjukkan bahwa ekstrak kulit dari empat jenis spesies Euphorbia berpotensi sebagai antioksidan alami. Keempat spesies tersebut adalah Acalypha hispida Blume, Bischofia javanica Blume, G Tochidion arboreum Blume dan Sapium Baccatum roxb. Tim peneliti yang terdiri dari Saefudin Saefudin (Pusat Penelitian Biologi-LIPI), Efrida Basri (Pusat Penelitian Hasil Hutan)  dan Agus Sukito (Balai Litbang Teknologi Hasil Hutan) telah mengidentifikasi kandungan senyawa peroksida (Np) dalam ekstraksi kulit keempat spesies tersebut. Nilai peroksida pada keempat spesies tanaman tersebut lebih rendah atau sedikit diatas nilai peroksida kontrol vitamin E (NP 89,45 ug/ml).***(RAH)

Artikel jurnal dapat diunduh pada : http://ejournal.forda-mof.org/ejournal-litbang/index.php/IJFR/article/view/2282