Variabilitas Genetik Falcataria Moluccana (Miq.) Barneby & J. W. Grimes Terkait Ketahanannya Terhada

Selama 2003-2009 area perkebunan F. moluccana, khususnya di Jawa, telah terkena serangan penyakit Karat Puru. Untuk mengurangi dampak dari karat puru,maka diperlukan seleksi resistensi dari F. moluccana. Oleh karena itu, tim peneliti BLI Kementerian LHK yang beranggotakan L. Baskorowati, M.Susanto, M. Charomaini telah melakukan studi tentang variabilitas genetik terhadap resistensi karat puru dari F. moluccana yang dilakukan selama 3 tahun dengan mengambil lokasi di Kediri, Jawa Timur.


Percobaan terdiri dari 80 famili bersari bebas termasuk empat sumber benih dari Kediri (Jawa Timur), Lombok (Nusa Tenggara), Papua dan Candiroto (Jawa Tengah). Dalam penelitian ini, beberapa variabel yang diteliti meliputi tinggi, diameter, bentuk batang, kepadatan mahkota, jumlah karat puru yang terdapat di batang, cabang, ranting, dan mahkota.


Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada bentuk batang dan karat puru di batang pada famili tersebut. Mau tahu lebih jelasnya? Silahkan akses Journal of Forestry Research Vol. 9 No. 1, 2012 1-9 atau klik http://dx.doi.org/10.20886/ijfr.2012.9.1.1-9

Posted By Ane Dwi septina Senin,10 April 2017 - 09:57:59 WIB Dibaca 2 Kali

GALERI FOTO

BERITA TERKINI

Video

Sosial Media