Perpustakaan "R.I. Ardi Koesoema" | VARIASI GEOGRAFIS HAPLOTYPE KLOROPLAS DNA PADA Acacia Aulacocarpa A. Cunn. ex Benth

Detail Berita

VARIASI GEOGRAFIS HAPLOTYPE KLOROPLAS DNA PADA Acacia Aulacocarpa A. Cunn. ex Benth

 

Telah diketahui bahwa A.aulacocarpa A. Cunn. ex Benth dan A. crassicarpa Cunn. ex Benth banyak terdapat di daerah beriklim tropis. Penelitian terkait Acacia aulacocarpa telah banyak dilakukan, mengingat A. auriculiformis Cunn. ex. Benth. dianggap sebagai jenis yang paling penting dalam industri perkebunan. 

Sebelumnya, penelitian tentang keberagaman genetik Acacia aulacocarpa telah dilakukan salah satunya oleh A.Y.P.B.C Widyatmoko, peneliti dari BBPBPTH BLI Kementerian LHK, namun hanya 6 sample yang digunakan dan dibandingkan dengan tiga spesies lain dari Acacia. Dari hasil tersebut, diketahui bahwa A. aulacocrapa memiliki keragaman genetic yang paling tinggi diantara lainnya. Oleh karena itu, A.Y.P.B.C Widyatmoko bekerjasama dengan Susumu Siraishi yang berasal dari dan Universitas Kyushu Jepang kemudian berusaha menjelaskan keragaman genetik dan distribusi genetik dari jenis tersebut.

Bagaimana hasil dan prosesnya? Silahkan pembaca dapat mengakses Journal of Forestry Research Vol. 10 No. 1, 2013: 43-57 atau klik http://dx.doi.org/10.20886/ijfr.2013.10.1.43-56