Perpustakaan "R.I. Ardi Koesoema" | POLA PENANDA PADA GEN PEMBAWA FOSFAT ECGPT DIKAITKAN DENGAN RESPON TEKANAN GARAM DI KLON HIBRID POHO

Detail Berita

POLA PENANDA PADA GEN PEMBAWA FOSFAT ECGPT DIKAITKAN DENGAN RESPON TEKANAN GARAM DI KLON HIBRID POHO

 

Efek salinitas pada tanaman sering dapat dikaitkan dengan perubahan konten ion mineral, dan termasuk di dalamnya adalah fosfat. Dalam kondisi garam, kadar fosfat dilaporkan menurun pada tanaman. Efek tersebut secara tidak langsung dapat mempengaruhi kadar fosfat intraseluler, yang dapat mengakibatkan defisiensi fosfat, yang dapat menyebabkan peningkatan aktivitas pada mekanisme penyerapan fosfat.

Tertarik dengan kondisi tersebut, Eny Faridah kemudian melakukan penelitian guna mengetahui pengaruh salinitas pada perubahan penanda gen pembawa fosfat diisolasi dari klon hibrid E. camaldulensis x E. globulus yang diberikan konsentrasi garam 0 (kontrol), 50, 100, dan 150 mMNaCl.

Dalam penelitian yang menggunakan analisis Nothern-Blot mengungkap bahwa penanda EcgPT diketahui terpengaruh oleh garam, menunjukkan efek langsung dari kadar garam pada serapan fosfat.

Artikel penelitian lengkap dapat diakses di Journal of Forestry Research Vol. 10 No.2 Tahun 2013 atau diunduh melalui http://dx.doi.org/10.20886/ijfr.2013.10.2.111-117