Perpustakaan "R.I. Ardi Koesoema" | POTENSI PENGUNAAN DAN KARAKTERISTIK KIMIA DAN ANATOMI CABANG-KAYU SPESIES Schizolobium amazonicum Du

Detail Berita

POTENSI PENGUNAAN DAN KARAKTERISTIK KIMIA DAN ANATOMI CABANG-KAYU SPESIES Schizolobium amazonicum Du

Skala degradasi hutan dan deforestasi di Indonesia telah mengilhami penggunaan jenis kayu kurang dikenal yang memiliki potensi melimpah dan belum banyak dimanfaatkan. Tim peneliti BLI Kementerian LHK yang beranggotakan Yusup Amin, Danang S. Adi, Ika Wahyuni, Sukma S. Kusumah, dan Ratih Damayanti menekankan bahwa pemanfaatan hutan spesies Schizolobium amazonicum Ducke ini seharusnya tidak menekankan  pada batang kayu tetapi juga pada ranting kayunya.

Schizolobiumamazonicum Ducke merupakan salah satu spesies dari jenis kayu kurang dikenal, dan dapat bertumbuh dengan cepat dengan cm MAIof3.68 / per tahun. Di Indonesia spesies ini hanya ditemukan di Kebun Raya Purwodadi.

Tim peneliti BLI ini kemudian mempelajari karakteristik dasar (aspek anatomi dan sifat kimia) dari bagian ranting kayu spesies Schizolobiumamazonicum Ducke ini. Ranting kayu diperoleh dari Taman Nasional Purwodadi yang terletak di Pasuruan (Jawa Timur).

Spesimen yang digunakan adalah cabang pertama dari batang pohon S. amazonicum berumur sembilan tahun (= 29,46 cm). Sampel dari batang kayu itu kemudian diperiksa aspek anatomi (karakteristik makroskopik dan mikroskopik) dan sifat kimia nya (komposisi kimia).

Hasil penelitian selengkapnya dapat diakses di Journal of Forestry Research Vol. 10 No.2 Tahun 2013 atau diunduh melalui http://dx.doi.org/10.20886/ijfr.2013.10.2.119-125