Perpustakaan "R.I. Ardi Koesoema" | Hubungan antara Ketinggian Pohon Total dan Diameter Setinggi Dada untuk Spesies Pohon Hutan Rawa Gam

Detail Berita

Hubungan antara Ketinggian Pohon Total dan Diameter Setinggi Dada untuk Spesies Pohon Hutan Rawa Gam

Dalam pengelolaan sumberdaya hutan dan kajian-kajian ekologi hutan, Informasi tinggi pohon total(H) sangat penting untuk didapatkan, termasuk dalam penaksiran biomassa hutan. Penambahan peubah H dapat meningkatkan performa dari persamaan alometrik biomassa dengan mengurangi ratarata penyimpangan secara nyata. 
 
Namun demikian, pengukuran H terkesan rumit, kurang akurat, memakan waktu, dan mahal. sehingga, H hanya diukur untuk pohon-pohon contoh di dalam plot, sedangkan diameter setinggi dada (D) umumnya diukur untuk setiap pohon selama kegiatan inventarisasi hutan.
 
 Informasi H yang hilang/tidak lengkap tersebut biasanya diduga berdasarkan suatu hubungan alometrik antara H dan D yang dibangun dari pohon-pohon contoh. Meskipun banyak kajian tentang pemodelan hubungan antara H dan D untuk hutan boreal dan untuk hutan jenis tunggal/tanaman, sedikit kajian yang fokus pada hutan tropis.  Lebih lanjut lagi, hubungan tersebut untuk jenis-jenis pohon di hutan rawa gambut, dan terutama di Indonesia, belum terpublikasi secara luas. 
 
Oleh karena itu, peneliti bernama Nunung Puji Nugroho1 dari Balitek DAS, BLI Kementerian LHk Solo berusaha mengembangkan tapak spesifik model H-D untuk hutan rawa gambut dengan menggunakan fungsi regresi linier dan nonlinier. 
Bagaimana hasil dari penelitian ini? Silahkan pembaca dapat mengakses Indonesian Journal of Forestry Research Vol. 1, No. 2, October 2014, 89 – 107 atau klik http://dx.doi.org/10.20886/ijfr.2014.1.2.89-107