libforda | PENDUGAAN KUALITAS TEMPAT TUMBUH PADA HUTAN RAKYAT KAYU BAWANG (Disoxylum mollissimum Blume) SKALA K

Detail Berita

PENDUGAAN KUALITAS TEMPAT TUMBUH PADA HUTAN RAKYAT KAYU BAWANG (Disoxylum mollissimum Blume) SKALA K

Kayu bawang (Dysoxylum mollissimum Blume) telah banyak ditanam pada hampir semua kabupaten di Provinsi Bengkulu, Indonesia. Salah satu cara untuk dapat meningkatkan pengelolaan hutan tanaman adalah melalui pemenuhan informasi pertumbuhan dan pemanenan yang memadai. Sayangnya, penelitian terkait untuk pendugaan kualitas tempat tumbuh jenis ini belum banyak dilakukan.

Hengki Siahaan dan Agus Sumadi, tim peneliti dari Balai Penelitian Kehutanan Palembang Kementerian LHK berusaha mempelajari kualitas tempat tumbuh penanaman kayu bawang skala kecil dengan membangun 32 petak ukur permanen yang terdistribusi pada 6 kabupaten di Provinsi Bengkulu dan diukur secara periodik dari tahun 2006 – 2012.

Kualitas tempat tumbuh ditentukan dengan metode phytocentric menggunakan peninggi tegakan sebagai indikator. Lalu bagaimana dengan hasil yang didapat dari penelitian ini? Pembaca dapat  mengakses Indonesian Journal of Forestry Research Vol. 2, No. 2, October 2015, 81-92 atau klik  http://dx.doi.org/10.20886/ijfr.2015.2.2.81-92.