libforda | KERAGAMAN JENIS BURUNG TERTINGGI DITEMUKAN DI PEMANFAATAN LAHAN DAN GRADASI HUTAN

Detail Berita

KERAGAMAN JENIS BURUNG TERTINGGI DITEMUKAN DI PEMANFAATAN LAHAN DAN GRADASI HUTAN

Burung berperan penting dalam ekosistem, namun pada ekosistem yang terganggu peran mereka menjadi terbatas akibat perubahan habitat. Terkait hal tersebut, tim peneliti gabungan dari Burung Indonesia dan BLI Kementerian LHK telah melakukan riset pada komunitas burung di berbagai tipe habitat, pada hutan, agroforest karet, monokultur karet dan daerah pemukiman telah dilakukan di Kabupaten Simalungun dan Asahan, Provinsi Sumatra Utara. 
 
Burung diamati dengan melakukan survei deskriptif dengan metode survei cepat biodiversitas, dengan mengkoleksi data pada transek sepanjang 1 km. Hasil studi di keempat tipe habitat menjumpai 142 jenis burung dari 42 suku. Burung yang dijumpai di hutan memiliki tingkat keragaman jenis tertinggi, selanjutnya habitat karet agroforest, daerah pemukiman dan karet monokultur, memiliki tingkat keragaman jenis yang lebih rendah, dengan index Shannon-Wiener secara berturut-turut 3,8, 3,6, 3,0 dan 2,9. Tercatat 12 jenis burung dengan status kelangkaan terancam punah dan dua species dengan status rentan, menurut red-list IUCN.
 
Ingin tahu lebih lanjut? Silahkan akses Indonesian Journal of Forestry Research Vol. 2, No. 2, October 2015, 103-120 atau klik http://dx.doi.org/10.20886/ijfr.2015.2.2.103-120 .