libforda | Keanekaragaman Benthos “Tertinggi” ada di Selat Sebuku

Detail Berita

Keanekaragaman Benthos “Tertinggi” ada di Selat Sebuku

Hutan Mangrove memberikan manfaat besar bagi kehidupan manusia. Mangrove memiliki berbagai fungsi seperti  penyokong rantai makanan, pelindung pada pesisir pantai, dan sebagai penyerap karbon.

Mangrove diketahui sebagai suatu ekosistem unik komponen biotik dan abiotik yang komplek. Komponen mikroorganisme tanah dan air ini berfungsi sebagai dekomposer dalam ekosistem mangrove.

Terkait hal tersebut, tim peneliti dari Balai Kehutanan Banjarbaru, Kementerian LHK telah melakukan penelitian guna mempelajari keanekaragaman mikroorganisme tanah dan air, potensi dan fungsinya dalam ekosistem, dan parameter lingkungan di kawasan mangrove Cagar Alam Teluk Kelumpang, Selat Laut, dan Selat Sebuku (Cagar Alam Kelautku).

Data mikroorganisme tanah dan air diambil dengan cara pengambilan contoh uji tanah dan air kemudian dianalisis di laboratorium. Hasil penelitian dari tim yang beranggotakan Wawan Halwany dan Susy Andriani ini menunjukkan bahwa Selat Sebuku memiliki indeks keanekaragaman benthos tertinggi. Ingin tahu lebih lanjut? Pembaca dapat mengakses Indonesian Journal of Forestry Research Vol. 2, No. 2, October 2015, 131-140 atau klik http://dx.doi.org/10.20886/ijfr.2015.2.2.131-140