Perpustakaan "R.I. Ardi Koesoema" | FAST GROWING SPECIES UNTUK HUTAN TANAMAN YANG MENJANJIKAN DARI KALIMANTAN TENGAH

Detail Berita

FAST GROWING SPECIES UNTUK HUTAN TANAMAN YANG MENJANJIKAN DARI KALIMANTAN TENGAH

Indonesia sebagai daerah tropis memiliki beragam keunggulan, salah satunya adalah pohon untuk industri pulp dan kertas dan kegunaan lainnya dapat tumbuh dengan baik dan cepat. Industri pulp dan kertas di Indonesia masih menjadi primadona dalam pembangunan kehutanan, dan telah mengembangkan beberapa jenis pohon cepat tumbuh seperti Akasia dan Ekaliptus. Data dan informasi jenis alternatif lain untuk pulp dan kertas sangat penting diketahui. Beberapa penelitian telah dilakukan,  salah satunya oleh tim peneliti gabungan dari LIPI, BLI KemenLHK, dan Research Institute for Sustainable Humanosphere,Universitas Kyoto. 
 
Penelitian terhadap 30 jenis kayu cepat tumbuh dari PT Sari Bumi Kusuma, Kalimantan Tengah menunjukkan terdapat 5 jenis kayu yang berpotensi sebagai bahan baku pulp dan kertas. Tim peneliti yang beranggotakan Danang S. Adi, Ika Wahyuni, Lucky Risanto, Sri Rulliaty, Euis Hermiati, Wahyu Dwianto dan Takashi Watanabe ini berusaha mempelajari potensi penggunaan kelima jenis kayu tersebut untuk bahan baku pulp dan kertas.
 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima jenis kayu mempunyai kerapatan medium sampai berat. Berdasarkan penilaian pada dimensi seratnya, kelima jenis kayu dapat diklasifikasikan dalam kelas kualitas satu untuk pulp dan kertas. Ingin tahu lebih lanjut? Silahkan pembaca untuk mengakses keseluruhan tulisan yang telah dipublikasikan di Indonesian Journal of Forestry Research Vol. 2, No. 1, April 2015, 21-29 ini melalui DOI: http://dx.doi.org/10.20886/ijfr.2015.2.1.21-29