Perpustakaan "R.I. Ardi Koesoema" | Kloning untuk Peningkatan Produktifitas Eucalyptus pellita

Detail Berita

Kloning untuk Peningkatan Produktifitas Eucalyptus pellita

Eucalyptus pellita F. Muell merupakan spesies pohon dengan pertumbuhan yang tersebar di Indonesia dan dapat tumbuh dengan cepat. Pohon ini juga digunakan untuk memenuhi pasokan bahan mentah untuk industri pulp dan kertas. 
Namun sayangnya pembiakan Eucalyptus pellita secara konvensional tidak dapat mencapai hasil optimal untuk meningkatkan produktivitasnya yang dikarenakan oleh tingginya variasi dalam pertumbuhan tegakan ((Sachs, Lee, Ripperda, & Woodward, 1988).
 
Menjawab hal tersebut, sebuah penelitian yang dilakukan Teguh Setyaji, Sri Sunarti and Arif Nirsatmanto dari BBPBPTH DIY berusaha mengevaluasi pertumbuhan awal dan produktivitas volume tegakan klon E. pellita terpilih sebagai bagian dari program pemuliaan kayu pulp. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan diantara klon yang diuji pada seluruh sifat yang diamati. 
 
Penelitian ini dipublikasikan di Indonesian Journal of Forestry Research Vol. 3, No. 1, April 2016, 27-32, bagi pembaca yang ingin mengetahui informasi selengkapnya, dapat mengklik http://dx.doi.org/10.20886/ijfr.2016.3.1.27-32