Perpustakaan "R.I. Ardi Koesoema" | Ampupu yang Menjanjikan dari Timur Indonesia

Detail Berita

Ampupu yang Menjanjikan dari Timur Indonesia

Salah satu kegunaan Ampupu (Eucalyptus urophylla S.T. Blake) adalah sebagai bahan mentah untuk produksi kertas dan pulp.  Popularitas penanaman Ampupu ini diketahui semakin meningkat secara signifikan terutama di negara Brazil, China, Vietnam dan Thailand, selain itu dikarenakan tanaman berkayu ini juga menunjukkan pertumbuhan yang menjanjikan. 
 
Sayangnya, Ampupu tidak dapat tumbuh disembarang daerah. Di Indonesia hanya daerah Nusa Tenggara Timur dan Maluku yang dapat ditumbuhi oleh Ampupu, oleh karena itu diperlukan upaya khusus guna meningkatkan kualitas sumber benih secara genetik. 
 
Dalam penentuan parameter pertumbuhan genetik dari Ampupu, tim Peneliti yang beranggotakan  Sumardi, Kurniawan H, Prastyono telah melakukan serangkaian percobaan uji keturunan yang melibatkan 45 E. urophylla half-sib pada usia satu tahun yang ditanam di Timor Tengah Selatan, Provinsi Nusa Tenggara Timur. 
 
Salah satu hasil dari evaluasi menunjukkan bahwa terdapat variasi genetik antara famili E. urophylla yang diuji untuk sifat tinggi dan diameter. Selain itu, tim peneliti juga memberikan catatan bahwa evaluasi parameter genetik terhadap uji keturunan ini perlu dilakukan secara berkala untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai dinamika interaksi antara genetik dengan lingkungan, umur yang efektif untuk melakukan seleksi dan prediksi perolehan genetik.
 
Artikel ilmiah ini telah dipublikasikan di Indonesian Journal of Forestry Research Vol. 3, No. 2, October 2016, 119-127 dan dapat juga dibaca lebih lanjut melalui https://doi.org/10.20886/ijfr.2016.3.2.119-127 (ads).