Perpustakaan "R.I. Ardi Koesoema" | Kesiapan Tenaga Kerja Sektor LHK Menyambut MEA - Job Fair & Expo 2015

Detail Berita

Kesiapan Tenaga Kerja Sektor LHK Menyambut MEA - Job Fair & Expo 2015

Penempatan tenaga kerja sesuai dengan disiplin ilmu dan kompetensinya sangat krusial dalam menyambut MEA 2015. Job Fair & Expo 2015 yang diselenggarakan oleh Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BP2SDM) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) mengambil tema “Kesiapan Tenaga Kerja Sektor LHK Menyambut MEA 2015”, dimaksudkan untuk membangun sinergitas Kementerian LHK dengan perusahaan penyedia lapangan pekerjaan. Job Fair & Expo 2015 mempertemukan secara langsung penyedia lapangan kerja dari dunia usaha sektor lingkungan hidup dan kehutanan dengan pencari kerja dari lulusan perguruan tinggi.

 

Job Fair & Expo yang dilaksanakan di Auditorium Gedung Manggala Wanabakti, selama dua hari (17 – 18 September 2015), dibuka secara resmi oleh Menteri LHK yang diwakili oleh Kepala BP2SDM, Dr. Ir. Bambang Soepijanto, MM. Dalam sambutannya, Kepala BP2SDM menyatakan bahwa kegiatan dilaksanakan sebagai upaya Pemerintah dalam meningkatkan pembangunan di segala bidang sekaligus mendorong para investor untuk membuka dan menyediakan lapangan kerja (pro-job) bagi masyarakat.

 

 Badan Litbang dan Inovasi turut berpartisipasi aktif pada acara Job Fair & Expo 2015 dengan menampilkan materi berupa contoh produk gaharu, biodiesel, arang aktif, tanin, bambu laminasi, dan publikasi cetakan berupa majalah ilmiah, flyer, leaflet dan buku. Partisipasi dimaksudkan untuk memberikan informasi terkait bidang kehutanan dan lingkungan hidup kepada pencari kerja untuk mengenal disiplin ilmu dan kompetensi yang diperlukan.

 

Job Fair & Expo 2015 dilaksanakan untuk memfasilitasi tenaga kerja agar dapat berinteraksi langsung dan mengetahui profile perusahaan penyedia lapangan pekerjaan. Job Fair juga dilaksanakan untuk membantu perusahaan untuk mend apatkan tenaga kerja yang memiliki kualifikasi dan kompetensi yang memadai yang dibutuhkan oleh perusahaan serta membangun sinergitas dengan perusahaan terkait bidang lingkungan hidup dan kehutanan, perkebunan, pertambangan dan perbankan dalam penyediaan tenaga kerja yang kompeten dan profesional. Selain itu Job Fair & Expo juga diselenggarakan untuk memberikan informasi mengenai formasi dan kualifikasi tenaga kerja yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Hadir pada kesempatan tersebut ketua dan anggota komisi IV DPR RI, Pejabat Eselon I, Eselon II dan Eselon III lingkup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, siswa/siswi SMK Kehutanan Kadipaten, alumni/mahasiswa tingkat akhir dari berbagai perguruan tinggi, asosiasi bidang kehutanan dan perwakilan beberapa perusahaan bidang kehutanan, lingkungan, perkebunan, pertambangan dan perbankan.

 

Kegiatan Job Fair ini diikuti oleh 45 perusahaan yang bergerak di bidang kehutanan, perkebunan dan pertambangan. Selain kegiatan rekruitmen pegawai oleh perusahaan, acara ini juga diisi dengan Talkshow dan HRD Forum yang disampaikan oleh narasumber yang kompeten dari Kementerian Ketenagakerjaan, dosen, dan beberapa perusahaan di bidang Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

 

Job Fair & Expo 2015 diselenggarakan selama 2 hari bertempat di Auditorium Gd. Manggala Wanabakti Jakarta, dalam bentuk bursa lowongan kerja dan pameran, Talkshow dan HRD Forum. Acara Talkshow diisi oleh Direktorat Penempatan Tenaga Kerja dalam Negeri Kementerian Ketenagakerjaan, Prof. Dr. Didik Suhardjito, M.S. (Akademisi/RAKI), dan asosiasi KPH yang dilaksanakan pada tanggal 17  September 2015. Sedangkan HRD Forum melibatkan beberapa perusahaan dari berbagai bidang, yaitu : PT. Riau Andalan Pulp and Paper/PT. RAPP (kehutanan/HTI), PT. Newmont (pertambangan), PT. Agra Bareksa (perkebunan) dan Bank BRI (perbankan) yang dilaksanakan pada tanggal 18 September 2015.(SM)