Perpustakaan "R.I. Ardi Koesoema" | Mahasiswa Universitas Lampung Kuliah Lapangan di Kampus Badan Litbang Kehutanan

Detail Berita

Mahasiswa Universitas Lampung Kuliah Lapangan di Kampus Badan Litbang Kehutanan

FORDA – BOGOR (8/7/2014). Dalam rangka kuliah lapangan kehutanan, sejumlah  51 mahasiswa Jurusan Kehutanan, Fakultas Pertanian Universitas Lampung mengunjungi  Kampus Badan Litbang Kehutanan di Bogor pada hari Selasa (8/7).  Dalam kunjungan tersebut, para mahasiswa di dampingi oleh 3 dosen dan 3 asisten dosen.

 “Tujuan kunjungan lapangan ke Badan Litbang Kehutanan ini yaitu untuk mengenal lebih jauh tentang Badan Litbang Kehutanan”, demikian disampaikan oleh Rusita, S.Hut., MSi., salah satu dosen pendamping mewakili rombongan.  Lebih lanjut Rusita mengharapkan ke depan bisa terjalin kerjasama dalam penelitian, terutama dalam penelitian untuk penyusunan  skripsi mengingat mahasiswa yang hadir merupakan mahasiswa semester 4. Rusita juga berharap dapat disampaikan prosedur dan tata cara dalam pengajuan penelitian di Badan Litbang Kehutanan.

Menyambut baik kunjungan tersebut, Kepala Puslitbang Konservasi dan Rehabilitasi, Ir. Adi Susmianto, M.Sc, selaku perwakilan Badan Litbang Kehutanan dalam sambutannya memberikan penghargaan dan terima kasih kepada Universitas Lampung, khususnya kepada Jurusan Kehutanan.  Adi Susmianto mengungkapkan bahwa kunjungan kali ini merupakan yang ketiga kalinya dari Universitas Lampung. “Apabila ini menjadi program yang bermanfaat, kami tidak keberatan untuk menjadi tempat praktek lapang” demikian kata Adi.

Selanjutnya Adi Susmianto memaparkan tentang Profil Badan Litbang Kehutanan kepada  seluruh peserta kuliah lapangan. Sebelum pemaparan para mahasiswa juga menyaksikan film 100 Tahun Badan Litbang Kehutanan.

Menanggapi permintaan untuk kerjasama penelitian dan penyusunan skripsi, Adi Susmianto mengatakan bahwa saat ini adalah saat yang tepat untuk mengajukan proposal kerjasama penelitian, karena renstra untuk tahun 2015-2019 akan segera disusun. Adi Susmianto juga berpesan kepada para mahasiswa “Apabila akan menyusun rencana penelitian/skripsi, agar dipikirkan isu besarnya, seperti di Lampung tentang konflik lahan, isu besarnya apa misalnya pengangguran, kemiskinan atau kepemilikan lahan yang sempit. Baru menukik pada aspek/topik  yang spesifik.”

Dalam sesi dialog, terlihat para mahasiswa antusias mengajukan pertanyaan terkait Badan Litbang Kehutanan, hasil penelitian, penyebaran hasil dan lain-lain.  Setelah Sesi Dialog para mahasiswa mengunjungi enam laboratorium yang ada di Bogor, yaitu Laboratorium Mikrobiologi, Laboratroium KOFFCO, Laboratorium Hama Penyakit, Laboratorium Terpadu, xylarium dan herbarium (TS).