Perpustakaan "R.I. Ardi Koesoema" | Gelar IPTEK Hasil Litbang Kehutanan untuk Mendukung KPH

Detail Berita

Gelar IPTEK Hasil Litbang Kehutanan untuk Mendukung KPH

FORDA (Bogor, 09/05/2014)_Dalam rangka peningkatan kemanfaatan penerapan IPTEK Kehutanan di Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH) serta upaya mendukung pengarusutamaan KPH sebagai prioritas pembangunan kehutanan, Badan Litbang Kehutanan berkerjasama dengan Dirjen Planologi Kehutanan dan Forests and Climate Change Programme - Deutsche Gesellschaft für Internationale Zusammenarbeit (FORCLIME-GIZ) menyelenggarakan Gelar IPTEK Hasil Litbang Kehutanan untuk mendukung KPH Tahun 2014, Senin (12/05).

Acara yang dilaksanakan  di IPB International Convention Center (IICC), Botani Square Bogor ini bertujuan untuk mendekatkan, mentransformasikan dan meningkatkan pemanfaatan IPTEK yang dihasilkan Badan Litbang Kehutanan kepada para pengelola KPH, mendorong terwujudnya keberhasilan pengelolaan dan pemanfaatan sumberdaya hutan secara optimal dan lestari pada Kesatuan Pengelolaan Hutan (KPH), serta mendorong peningkatan interaksi dan kerjasama kemitraan, antara peneliti dan pengelola KPH.

Sebagaimana amanat Undang-Undang nomor 41 tahun 1999 tentang Kehutanan, pengelolaan hutan dilaksanakan sampai pada tingkat unit pengelola, yaitu kesatuan pengelolaan hutan terkecil sesuai fungsi pokok dan peruntukannya yang dapat dikelola secara efisien dan lestari. Pengelolaan hutan sampai pada tingkat tapak atau KPH merupakan sistem yang dapat lebih menjamin terwujudnya kelestarian fungsi dan manfaat hutan, baik dari aspek ekonomi, ekologi maupun sosial.

Pengelolaan dan pemanfaatan kelestarian fungsi dan manfaat hutan, baik dari aspek ekonomi, ekologi maupun sosial oleh KPH akan bisa diwujudkan secara nyata apabila didasarkan pada ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Karenanya, penguasaan dan pemanfaatan IPTEK kehutanan yang didukung kemampuan sumberdaya manusia akan menjadi faktor yang menentukan daya saing sektor kehutanan.

 

Baca Selengkapnya