Perpustakaan "R.I. Ardi Koesoema" | IPTEK Hasil Litbang Kehutanan Harus Efektif Terkomunikasikan

Detail Berita

IPTEK Hasil Litbang Kehutanan Harus Efektif Terkomunikasikan

Bogor. “Isi buku yang berupa IPTEK hasil litbang harus efektif terkomunikasikan kepada penggunanya, sedangkan para peneliti dan penulis buku inilah yang mengawal agar isi buku dapat dimanfaatkan dan diterapkan dengan benar”. Begitu yang disampaikan Kepala Badan Litbang, Dr. R. Iman Santoso melalui Sekretaris Badan Litbang, Ir. Wisnu Prastowo, MF ketika membuka gelaran Bedah Buku IPTEK Hasil Litbang Kehutanan, Selasa (11/12/2012) di Balai Kartini, Jakarta.


Lebih lanjut diungkapkan pula bahwa, “Peneliti Litbang juga perlu dikenal luas terutama ekspertisi yang dipunya, agar peneliti Badan Litbang Kehutanan dapat menjadi sumber informasi ilmiah dan dapat mengawal penyebaran dan penerapan IPTEK hasil litbang”.


Gelaran yang diselenggarakan setiap tahun oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan ini diawali dengan pemutaran film pendek terkait isi buku dan biografi singkat penulis dan menampilkan 4 buku yang diulas oleh pakar yang terkait dibidangnya, seperti Dr.Sutopo Purwo Nugroho dari BNPB, Prof. Sudibyakto dari Pusat Studi Bencana UGM, Prof. Y. Purwanto & Prof. Enny Sudarmonowati dari LIPI, Ir. Puspa Dewi Liman, M.Sc dari Yayasan KEHATI, Dr. Transtoto Handadari dari APHI, Dr. Sri Wilarso dari IPB dan Dr. Tjipta Purwita dari Inhutani II serta pengulas tamu, Prof. Nurdin Abdullah yang juga merupakan Bupati Bantaeng Sulawesi Selatan.


Keempat buku tersebut yaitu “ Mitigasi Bencana Sedimen : Teori dan Aplikasi karya Dr. Hasnawir dari Balai Penelitian Kehutanan Makassar, Rediversifikasi Pangan di Tanah Papua Bagian I : Pemanfaatan Enam Jenis Tumbuhan Hutan Penghasil Buah sebagai Sumber Bahan Pangan di Tanah Papua karya Krisma Lekitoo,S.Hut, M.Sc dkk dari Balai Penelitian Kehutanan Manokwari, Sebaran dan Persyaratan Tumbuh Jenis Alternatif Penghasil Pulp di Wilayah Riau karya Ir. Suhartati, MP dkk yang sebelumnya bertugas di Balai Penelitian Teknologi Serat Tanaman Hutan Kuok, dan A Breeding Strategy for The Tropical Eucalyptus karya Dr. Budi Leksono dari Balai Besar Penelitian Bioteknologi & Pemuliaan Tanaman Hutan.


Dipandu oleh dr. Lula kamal dan Tiessa Carolina, acara ini berhasil menarik minat dari LSM, Swasta, maupun lingkup Kementerian Kehutanan yang berjumlah kurang lebih 100 orang untuk menghadiri dan juga berinteraksi meski dibatasi waktu.


Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan juga menyediakan link http://library.forda-mof.org/libforda/halebook-1.html#.UMloMKyGChk bagi peserta yang menginginkan e-file dari beberapa buku yang dibahas dalam acara Bedah Buku tersebut.(ads)