Perpustakaan Unit Badan Litbang Kehutanan: Menuju Perpustakaan Hybrid

Bogor (18 Juni 2012)"Semua Perpustakaan yang disajikan sudah menjadi entiti perpustakaan yang siap dikembangkan lebih lanjut menjadi perpustakaan hybrid",demikian salah satu kesimpulan yang dipaparkan oleh Prof. Kudang B.Seminar dari IPB pada paparan kondisi Perpustakaan Terkini yang dipresentasikan oleh perwakilan Unit Pelaksana Teknis Lingkup Badan Litbang Kehutanan dalam acara Workshop Jejaring Kerja Pengelolaan Perpustakaan di Hotel Permata Bogor, pada Tanggal 15 Juni  yang lalu.
 
Prof. Kudang B.Seminar mengatakan bahwa pengembangan teknologi informasi pada perpustakaan adalah keharusan untuk mengarah ke hybrid library, ” jadi anggaran untuk ini harus punya porsi yang signifikan” tegasnya.
 
Selanjutnya Prof. Kudang menjelaskan bahwa konten dan layanan yang disediakan dengan basis teknologi informasi harus diperkaya baik kualitas, kuantitas maupun diversitasnya. Selain itu program pengembangan SDM berlatar belakang perpustakaan dan teknologi informasi juga harus diutamakan, karena perpustakaan merupakan mitra penyedia kebutuhan informasi peneliti.
 
Dalam workshop, Prof. Kudang juga mengusulkan pengembangan sistem merit untuk membangun iklim riset tulisan ilmiah ke sistem perpustakaan. Konsepnya adalah setiap karya tulis yang diajukan untuk angka kredit harus tercatat di perpustakaan, dengan begitu peneliti terpacu untuk membaca, menulis dan mengunggah tulisan ilmiahnya pada database perpustakaan sehingga fungsi perpustakaan menjadi maksimal. 
 
Sementara Dr. Joko Santoso dari Perpustakaan nasional R.I yang mengulas strategi pengelolaan perpustakaan menegaskan bahwa digitalisasi bahan pustaka penting untuk jangka panjang seperti preservasi juga sebagai repository sehingga nantinya memudahkan pencarian bahan pustaka.
 
Dalam workshop yang dihadiri oleh Sekretaris Badan Litbang dan para Kepala Balai beserta perwakilan Pengelola Perpustakaan seluruh Lingkup Badan Litbang ini disimpulkan bahwa perlu dilakukan sosialisasi dan revitalisasi perpustakaan secara internal meliputi fungsi, mekanisme dan layanan. (ads)

Posted By Ane Dwi septina Senin,18 Juni 2012 - 11:55:10 WIB Dibaca 55590 Kali

GALERI FOTO

BERITA TERKINI