Perpustakaan "R.I. Ardi Koesoema" | Kunjungan Direktur Jenderal Korea Forest Research Institute dan deputy Direktur Jenderal World Agrof

Detail Berita

Kunjungan Direktur Jenderal Korea Forest Research Institute dan deputy Direktur Jenderal World Agrof

Pada hari Senin tanggal 5 Maret 2012 Kepala Badan Litbang Kehutanan (FORDA) menerima dua rombongan tamu yaitu Direktur Jenderal (DG) Korea Forest Research Institute(KFRI) dan Deputi Direktur Jenderal World Agroforestry Center (ICRAF).

Rombongan tamu pertama dari KFRI diterima jam 9.00 di ruang Kepala Badan diKkampus Gunung Batu, Bogor.  Rombongan KFRI yang terdiri dari DG KFRI Dr. Gilbon Koo (DG), Dr. Rin Won Joo (Asistant DG), Dr. Kwan Soo Woo (International Cooperation), Dr. Jae-Soo Bae (Research Scientist) dan didampingi oleh Mira Lee Attaché Kehutanan Kedutaan Korea di Indonesia

Kedatangan DG KFRI ke FORDA adalah selain untuk berkenalan dengan Kepala Badan Litbang Kehutanan yang Baru Dr. Iman Santoso, juga untuk membicarakan kerjasama antara KFRI dan FORDA baik yang sedang berjalan maupun rencana kerjasama yang baru.

Kerjasama antara FORDA dengan KFRI sudah dijalin sejak tahun 2008 dengan judul “Potential Plantation in Wetlands and Application of Biotechnology in the Plantation Forest” dimana Pusprohut sebagai pelaksananya.  Kerjasama ini bertujuan untuk  mengembangkan species untuk ditanam di wetland termasuk gambut untuk mendukung industri pulp dan kertas dengan mengaplikasikan bioteknologi untuk menurunkan kadar lignin kayu.  Pada tahun ini kerjasama yang memiliki tiga kegiatan pokok :  (i) Utilization of local species for planting on wetland soil (ii) Biotechnology application for rapid propagation and LMO plant production dan (iii) Establishment of breeding strategy for new variety; telah memasuki tahap ke dua (tahap pertama adalah 2008-2010) , berjalan cukup lancar terutama kegiatan wetland dimana  saat ini telah ditanam lebih dari 20 ribu pohon yang terdiri dari 14 jenis kayu potensial untuk ditanam di wetland yang merupakan hasil eksplorasi  di propinsi Riau.

Kerjasama ini juga ke depannya akan mendukung projek kerjasama Korea-Indonesia di Hambalang (Hambalang Eco-Edu Forest) dan karena Kerjasama ini cukup bermanfaat bagi Indonesia sehingga akan terus dikembangkan ke bidang lain termasuk Mashroom resources dan juga supply and Demand kayu.

Rombongan tamu ke dua diterima Kepala Badan Litbang Kehutanan pada jam 10.30 -12.00 menerima tamu Deputy DG ICRAF, Dr. August Temu yang didampingi regional coordinator untuk Indonesia Dr. Ujjwal Pradhan dan Dr. Meine senior Scientistnya ICRAF. 

Dr. August Temu mengemukakan ingin terus meningkatkan kerjasama dengan FORDA terutama dalam kolaborasi penelitian di bidang agroforestry.  ICRAF juga akan terus mendukung FORDA dalam mengembangkan Balai Teknologi Agroforestri Ciamis yang merupakan salah satu UPT Badan Litbang dengan core research Agroforestry.