GIS untuk Kehutanan


Kehadiran SIG (Sistem Informasi Geografis) sangat bermanfaat bagi dunia kehutanan. Munculnya citra satelit beresolusi spatial tinggi telah membuka peluang pengembangan dalam dunia penelitian kehutanan.

Banyak manfaat yang didapat dari penggunaan SIG seperti mengetahui kesesuaian penggunaan kawasan, kecenderungan perubahan lahan, polanya, lokasi dan masih banyak lagi.
 
Dengan SIG kita dapat memiliki gambaran sistem inventarisasi hutan untuk kemudian dapat memetakan lebih lanjut pola yang akan digunakan.
 
Perpustakaan R.I Ardi Koesoema sebagai jantung dari Badan Litbang Kehutanan berusaha selalu mengikuti perkembangan keilmuan guna menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh para peneliti Badan Litbang Kehutanan secara khusus dan masyarakat secara umum.
 
Oleh karena itu untuk mendukung pengembangan SIG pada Badan Litbang Kehutanan, Perpustakaan menghadirkan dua buah buku bertemakan SIG yang berjudul :
 
  1. Sampling Methods, Remote Sensing and GIS Multiresource Forest Inventory  oleh Michel Kohl, Steen S. Magnussen, Marco Marchetti. Penerbit : New York : Springer, 2006.
  2. GIS and Crime Mapping oleh Spencer Chainey, Jerry Ratcliffe. Penerbit : England : WILEY, 2005.
Buku-buku tersebut terdapat di rak buku lantai 2 perpustakaan R.I Ardi Koesoema dan dapat dipinjam melalui bagian sirkulasi. (ads) 

Posted By Ane Dwi septina Kamis,12 April 2012 - 15:28:12 WIB Dibaca 4523 Kali

GALERI FOTO

BERITA TERKINI